Timajuk dan Pengalaman study tour (26-28 juni 2012)

Ini adalah perjalannan aku ke daerah perbatasan, katanya sih acara study tour kampus,. dan ternyata emang begitulah ceritanya, heee...  Ni cerita waktu di kampus, waktu itu sebelum ujian akhir semester dosen ada bilang, sebelum kita ujian kita refesing dulu, kita liburan ke daerah timajuk, wah semua senang, ternyata pada waktu mau hari keberangkatan ternyata itu adalah acara kampus, wah banyak deh yang dikibulin, yang jelas bukan aku.. Hal utama yang aku inginkan menuju ke daerah tersebut adalah ingin menemui sahabat saya yang sudah lama tidak bertemu, yang kebetulan mereka berasal dari daerah sana.

Bagi yang belum mengenal daerah temajuk saya akan sedikit menjelaskan daerah tersebut, Temajuk merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Desa Temajuk dibentuk pada tahun 2002 dari pemekaran Desa Sebubus.

Desa ini terletak di wilayah paling utara Kabupaten Sambas, dan berbatasan dengan Malaysia. Infrastruktur di desa ini masih minim, dimana belum terdapat jaringan listrik PLN dan telekomunikasi. Nmun ada juga beberapa daerah yang sudah ada listriknya, terutama bagi yang dekat dengan malaysia (listrik dari malaysia). Di timajuk juga terdapat listrik dari tenaga surya.

ini ada foto dari dermaga desa timajuk
Dermaga Desa Timajuk

Boleh dikatakan perjalanan kesana cukup memakan waktu, bukan masalah jarak yang terlalu jauh, tetapi jalannya yang masih banyak yang tergolong jelek. hal inilah yang membuat orang menahan diri untuk pergi kesana, tetapi
hal tersebut tidak membalikkan badan saya untuk pergi kesana, bahkan teman saya aja sudah sering kesana ( yang sama-sama pegi study tourny), kebetulan disana ada keluarga dan lainnya. Semua perjalanan panjang bisa terjawabjika sudah datang ke daerah tersebut, rasa lelahpun dibayar dengan memuaskan.

Didalam perjalanan pergi dan pulang ada 2 jalan, bisa lewat pantai maupun jalan darat, jika jalan pantai disarankan waktu air sungai surut, jika jalan darat, hal yang paling membuat lelah adalah ada jalan yang masih terdapat pasir yang cukup tebal, jadi mau lewati jalan tersebut haruslah pintar dan banyak akal agar tidak kalah dengan pasir.

4. Jalan pasir - dekat daerah timajuk

3. Jalan tanah - Pertengahan jalan timajuk

2. jalan batu, semin - Permulaan Keberangkatan

1. Penyebrangan  ceramai - timajuk
1. disini kita menyeberang ke daerah ceramai
2. Perjalanan di desa ceramai, yakni setelah menyeberang
3. setelah itu kita berhadapan dengan jalan tanah
4. akhirnya jalan pasirpun teleh tiba

Bagi yang baru pertama kali kedaerah tersebut mungkin mengalami kecapekan dan lainnya, oh ia di perjalanan sangat sedikit penduduk, kalau ada hanya bebeapa saja, di pertengahan perjalanan akan anda temui sebuah warung kecil untuk istirahat, waktu itu kebetulan kami lewat darat (ada beberapa anak-anak lewat laut juga), ni ada foto toko tersebut
Tmajuk- warung di jalan pasir
Bagi yang ingin jkalan bawah (pantai) saya ada sedikit fotonya, mungkin bisa jadi gambaran









Itulah sediikit gambaran menuju daerah timajuk, dan yang kami lakukan di daerah tersebut bermacam-macam, bersoulisasi dengan penduduk sekitar, acara olah raga bersama dan lainnya, hal yang paling tak terlupakan adalah bertremu sahabat yang sudah lama tidah bertemu. sesuai dengan yang ia ceritakan dahulu, mereka jadi pemuda perbatasan.

Ria, arjun, Ira

Dan ini beberapa foto kami waktu study tour,  kalau sudah bertemu foto, pasti kumpul... Narsis..






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar